02 April 2007

Napak Tilas

Sejak kelahiran anak pertama dua setengah tahun lalu, praktis saya tidak pernah ke bandung tempat dimana saya 7 tahun pernah tinggal dan kuliah disana.

Kangen, terutama suasana dan kesejukan udara bandung yang hampir tidak pernah saya rasakan sejak lulus dan kembali ke jakarta (yang sumpek). Ketika ada urusan dinas kantor ke bandung, kesempatan ini saya manfaatkan untuk refresh sekaligus bernostalgia. Sendiri.

Urus dulu masalah pekerjaan. Ada problem TSM di Telkom jalan Lembong. Problem: Schedule TSM missed sehingga setiap hari selalu gagal backup. Agit menyerah, IBM Bandung juga. Ngoprek 2 hari saya juga hampir menyerah karena tidak ada log error yang terbangkit hingga bisa saya analisa. Namun akhirnya ketahuan juga bahwa masalahnya bukan ada pada TSM tapi di OS: Ada sebuah folder rusak yang menyebabkan proses backup menggantung (tidak selesai-selesai). Sepele, namun karena total volume data yang harus saya periksa hampir 1 TB (ngetes backup sampai ketemu masalah saja makan waktu 4 jam-an) menyebabkan masalah ini hampir terluput. Masalah terbesarnya adalah tidak ada log error yang tercatat.

Urusan kantor selesai sekarang jalan-jalan. Mengunjungi lingkungan kost-an dulu (daerah sekeloa) masih seperti dulu. namun mantan rumah kost saya sudah berubah banyak. Sekarang ini lebih rapi dan didandanin oleh pemiliknya (dulu "agak" kumuh) sampai-sampai di buatkan kolam ikan plus air mancur di halamannya. Itu masih rumah kost bukan ya?

Mengunjungi kampus sebagian sudah berubah (dan yang pasti udah basi. udah lama berubahnya). Bagian student center dan kantin mahasiswa yang sudah tidak ada bekasnya. Gedung LFM (Liga Film Maha siswa atau di plesetin jadi Liga Fakir Miskin) masih ada tapi kayaknya sudah tidak ada lagi bioskop kampus yang dulu memutar film bioskop seminggu dua kali.

Menelusuri lorong kampus dan jalan yang pernah ribuan kali saya lewati. Lewat juga ruang kuliah, ruang asisten di ruang dimana saya sering menginap setiap hari, perpustakaan dimana setiap hari saya mangkal disana. Waktu berlalu, masa berganti. Teman-teman, sedang apa kalian saat ini? Dulu, belum terbayang bahwa suatu saat saya akan merindukan kebersamaan kita waktu kuliah. Walaupun bertahun telah berlalu ternyata saya masih mencintai kampus ini.

Pulang ke Jakarta lewat Tol Padaleunyi. Sial, jalan ini tidak enak dipakai istirahat. Berkali-kali saya terbanting-banting di dalam mobil (travel) jadi tidak bisa tidur. Tapi alhamdulillah akhirnya sampai dengan selamat di rumah.

Tidak ada komentar: