24 Desember 2004

Ubuntu Linux

Pernah coba atau mendengar Ubuntu Linux?
Seorang teman saya memperkenalkan linux ini lewat obrolan di Y!Mesenger beberapa minggu yang lalau. Menurut beliau (tapi saya belum periksa), Ubuntu saat ini masuk 5 besar distro terpopuler di dunia, walau usianya masih sangat belia. Saya agak heran, jika masuk 5 besar kenapa di Indonesia belum kedengaran ya?? (atau saya-nya yang ga gaul ^_^).

Mengunjungi situsnya, ada banyak info tentang produk baru ini. Ubuntu berasal dari bahasa kuno afrika yang artinya kira-kira "Kasih sesama manusia" (Humanity towards others).
Ubuntu Linux di bangun dengan semangat Opensource dan berbagi pada sesama manusia.
Point-point penting atau janji mereka (pengembang) tentang ubuntu linux:

- Ubuntu Linux akan selamanya "Gratis" (free of charge).
- Tersedia dalam berbagai bahasa di dunia
- Update berkala dan predictable. versi terbaru dirilis setiap 6 bulan sekali dan setiap rilis akan di suport selama 18 bulan
- Paling tidak Sampai saat ini, CD ubuntu < href="http://shipit.ubuntulinux.org"> bisa di order secara gratis .

Hari ini saya saya dapat kiriman CD Ubuntu sebanyak 20 set (1 set terdiri dua CD, live CD dan CD instalasi). Pada cover tertulis "Linux for human being" wah, saya 'kan alien dari planet neptunus... :)

Cepat juga kirimannya pikir saya. Sekitar 2 minggu. Teman saya yang tadi malah mengeluh "Laa, yang buat gua, koq belom sampai?" Waktu order mereka men-encourage untuk pesan sebanyak2nya dengan alasan dari pada ongkos kirim lebih mahal dari harga CDnya. CD yang saya terima adalah versi 4.10, kernel linux 2.6.8.1-3

Namun saat ini saya belum sempat banyak ngoprek-ngoprek. Yang khas dari ubuntu linux (yang saya lihat) adalah sudah menggunakan kernel baru (2.6) dan menggunakan packet manager dari Debian. Interface pada saat instalasi masih text base, dan saya tidak menemukan cara untuk men-costumize instalasi (tiba2 sudah terinstall semua).

Anda mau coba juga? CD yang tersisa pada saya masih ada sekitar 10 set. Jika anda tidak mau menunggu barang 2-3 mingguan kiriman CD dari ubuntu, anda bisa minta pada saya, gratis (selama persediaan masih ada) syaratnya adalah anda ambil sendiri di kantor atau di rumah saya. Kirim saya email jika anda berminat.

Tidak ada komentar: