25 Agustus 2006

Pluto Turun Pangkat

PlanetAkhirnya setelah melalui voting yang konon cukup "dramatis" akhirnya status Pluto dipastikan. Pluto bukanlah Planet. Keputusan ini mungkin mencengangkan banyak orang, terutama ketika membayangkan "efek samping" dari keputusan ini: Semua buku pelajaran yang berhubungan dengan planet, ensiklopedia, software astronomy dan sebagainya harus di perbaiki.

Sisi positif dari keputusan ini adalah akhirnya definisi planet menjadi lebih jelas. Sebelum ini tidak ada definisi yang pasti apa syarat-syarat sebuah benda disebut dengan planet? Berdasarkan sejarah astronomi, Planet adalah benda langit kedudukannya yang berpindah-pindah diantara bintang-bintang (Jika di lihat dari Bumi). Makanya disebut Planet yang artinya "pengembara". Berdasarkan definisi ini matahari dan bulan adalah Planet(!) Plus lima lainnya: merkurius, venus, mars, Yupiter dan Saturnus. Ada tujuh buah planet yang didefinisikan pada masa lalu. Bumi dianggap bukan planet dan sisanya (neptunus dan Uranus) belum ditemukan. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan di bidang astronomy, akhirnya diketahui semua planet diatas (kecuali Bulan dan matahari) beredar mengelilingi Matahari. Akhirnya matahari dan bulan di "lengserkan" dari jajaran planet. Semua planet yang tersisa mempunyai kesamaan: beredar mengelilingi matahari. Apa semua yang mengelilingi matahari disebut Planet? tidak juga, ada asteroid, komet yang juga mengelilingi matahari namun tidak disebut planet. Istilah planet hanya bermakna historis dari planet-planet yang telah ditemukan.

Dan pluto menjadi korban. Ketika ditemukan, orang-orang menganggap bahwa pluto sama seperti "planet yang lain", namun beberapa tahun terakhir ditemukan pluto-pluto lain, sebagian berukuran mendekati bahkan melebihi ukuran pluto. Perdebatan mengenai status benda-benda ini berakibat dipertanyakannya status pluto hingga akhirnya diambil keputusan pada 25 Agustus lalu.

Satu hal lain, mungkin agak menggelikan tapi pasti banyak ditanya oleh orang awam atau anak-anak: "kalau Pluto bukan planet, lalu apa?" IAU mendefiniskan sebuah istilah baru yaitu "Planet kerdil" (dwarf planet). Istilah ini juga kudu disosialisasikan dalam ranah ilmu pengetahuan.

Walau bagaimanapun Pluto "pernah" menjadi planet dan ini adalah kenyataan sejarah. Masalah revisi-merevisi sudah biasa di dunia nyata (terutama bidang IT) heheh..

Referensi:
IAU Website

Posting berkaitan:
Planet ke-10
Planet ke-12

3 komentar:

QZoners mengatakan...

Hehehe... kasihan deh pluto.. Ngomong-ngomong pluto itu kan anjingnya Mickey Mouse kan?

agusti anwar mengatakan...

Sedih juga pluto di-down grade, padahal ia tergolong 'planet' paling populer karena paling jauh.. Dibandingkan dengan mercurius, uranus atau yang lain, pluto lebih terkenal kan....? Salam...Anwar

pyuriko mengatakan...

Iya bener,... Iko baca koran bahwa "Pluto bukanlah Planet Kita lagi"...
Pluto...pluto...