02 Februari 2007

Perubahan Zodiak

Situs berita detik hari ini menyajikan berita "Zodiak Ganti Tanggal Beredar dari Milis ke Milis". Terus terang saya belum dapat mail yang diberitakan tersebut. Lalu pertanyaannya adalah: Bener ga? Seharusnya ada pertanyaan pendahuluan: Apa alasannya apabila terlahir pada tanggal anu maka zodiaknya adalah rasi inu?

Ilmu astrologi dibangun pada masa kejayaan tradisi Babylonia dan Yunani Kuno (sekitar abad ke-5 SM). Saat itu diketahui matahari beredar mengelilingi langit satu putaran penuh dalam satu tahun (dalam pelajaran geografi kita menyebutnya "gerak semu tahunan Matahari"). Para astrolog pada jaman itu membagi wilayah lagit yang dilalui matahari yang berbentuk sabuk menjadi 12 bagian dan masing-masing bagian dihuni oleh satu buah rasi bintang. Ke-12 rasi ini disebut dengan zodiak.Pada saat posisi matahari berada di dalam rasi tertentu -- misalnya rasi aries, maka orang yang lahir pada saat itu dikatakan berzodiak Aries.

Belakangan diketahui ketika matahari komplit melakukan "gerak semu tahunan", sabuk zodiak ternyata telah bergeser sedikit. Dalam ilmu astronomi modern pergeseran ini disebabkan oleh gerak presesi bumi yang menyebabkan titik potong lingkar ekliptik dan lingkar equator dalam tata acuan koordinat bumi begeser. Efeknya: Setiap tahun pada tanggal dan jam yang sama, matahari tidak berada di lokasi yang sama. Bergesernya cuma sedikit tapi lumayan. Dalam 70 tahun, pergeserannya hampir satu hari penuh. Sebagai contoh. misalkan pada tanggal 1 januari tahun ini matahari berada pada titik A. Makan 70 tahun kemudian matahari berada di titik A bukan lagi tanggal 1 Januari, tapi tanggal 2 januari. Dalam rentang waktu lama pergeseran ini akan sampai menyebakan perpindahan ke rasi lain. Hitung saja dengan membanding jaman Yunani kuno yang kelewat dari 2000 tahun yang lalu. Jika diukur berdasarkan definisi astrogi masa itu, pergeserannya sudah 35 hari! Sudah beda Zodiak.

Oleh karena itu pada masa sekarang terdapat dua versi astrologi yaitu tropical Astrologi dan Sideral Astrologi. Tropical Astrologi adalah astrologi yang menghitung posisi matahari berdasarkan cara babilonia (yang masih dipakai di majalah-majalah dan tabloid), sementara Sideral Astrologi adalah astrologi yang sudah di-update definisi tanggal per zodiak dan posisi matahari berdasarkan kondisi saat ini. Sideral Atrologi pertama kali di perkenalkan oleh Cyril Fagan pada tahun 1944. Jadi sebenarnya relatif baru.

Oyah, pertanyaan lagi: apa benar sekarang ada 13 Zodiak, bukan 12?
Pada zaman dulu oleh Ptolomeus wilayah sabuk zodiak memang bagi menjadi 12 bagian, namun sejak tahun 1930 IAU membagi-bagi wilayah langit menjadi 88 kapling, menyebabkan terjadi perubahan batas wilayah di sabuk Zodiak. Kini di wilayah zodiak menyempil sebuah rasi ke-13 yaitu rasi Ophiuchus yang tadinya tidak termasuk dalam jajaran zodiak(yang didefinisikan oleh Ptolomeus). Orang-orang IAU itu ga hormat sama Ptolomeus ternyata ;) Dalam hal ini IAU punya pertimbangan sendiri, dan pertimbangan itu berpihak pada kepentingan ilmiah, bukan astrologi. However, untuk mengikuti perubahan zaman, rasi ophiucus kudu dimasukkan ke dalam zodiak.

sedikit tambahan info: Dengan berubahnya batas wilayah zodiak (oleh aturan baru dari IAU), hal itu juga sebenarnya menyebabkan retang waktu matahari berada pada zodiak tertentu juga berubah. Dengan demikian ada tiga versi masa berlaku sebuah zodiak. Ambil contoh rasi Sagittarius:
tropical zodiac: 22 Nov - 21 Des
Sideral zodiac : 16 des - 14 Jan
Batas baru : 18 Des - 18 Jan

Jadi mau pilih aliran astrologi mana? Halah...??? masih percaya yang begituan?

1 komentar:

QZoners mengatakan...

Namanya aja ilmu kira-kira, jadi nggak ada yang pasti semua serba kira-kira termasuk nama zodiaknya. Jadi kira-kira zodiak saya apa yah?