03 Oktober 2006

Decompression Sicknes Pada Ikan

Judulnya agak aneh. Kalau anda pernah dengar, Decompression sickness adalah rasa sakit yang dialami oleh penyelam yang terburu-buru naik ke permukaan dari kedalaman air. Rasa sakit ini disebabkan oleh unsur nitrogen yang larut dalam darah secara mendadak keluar akibat perbedaan tekanan yang tiba-tiba. Mirip seperti gelembung udara yang keluar dari munuman soda. karena terjadinya di dalam pembuluh darah, hal ini menyebabkan rasa nyeri yang hebat dan dapat menyebabkan kematian. Untuk menghindarinya adalah dengan tidak cepat-cepat naik ke permukaan air.

Apa penyakit ini dapat terjadi pada ikan? secara teori mungkin saja. Secara naluri tidak ada ikan yang akan bertindak setolol penyelam yang kebelet muncul kepermukaan air, namun pada kenyataannya ikan bisa mengalami decompression sickness dengan cara lain. How?

Ingat bahwa kelarutan udara (dalam kasus ini gas nitrogen) dalam air bergantung pada tekanan dan suhu air. ada kalanya kelarutan nitrogen dalam air dan suhu air "tidak alami". Seperti misalnya ada buangan limbah air panas dari pabrik yang ke sungai. Jika seekor ikan tiba-tiba mendapati temperatur air disekelilingnya berubah (yang menyebabkan kelarutan kadar nitrogen dalam air juga berubah) bisa mengalami decompresion sickness. Ikan bisa mati walau hanya terkena limbah panas (walaupun tidak beracun).

Mungkin anda sendiri pernah mengalaminya. ikan aquarium yang baru saja anda beli dari tukang ikan, malah pelan-pelan mati ketika di pindahkan ke akuarium di rumah. padahal ikan-ikan yang lain biasa-biasa saja. Pasti tukang ikannya lupa mengingatkan anda untuk membiarkan ikan (plus kantong plastik wadahnya) menyesuaikan diri dengan suhu air aquarium.

Demikian pula untuk kasus pembuangan limbah lumpur panas di Porong Jawa timur. Konon lumpur panas ini akan dibuang begitu saja ke laut lewat sungai porong. Panasnya saja sudah akan mengancam kehidupan ikan-ikan yang ada disana. Ini belum memperhitungkan kandungan bahan berbahaya yang ada dalam lumpur!

1 komentar:

pyuriko mengatakan...

skrg koq jadi dokter hewan????