14 Juli 2006

Tips Membuat Resume (bag. 3)

Prinsip yang terakhir: Desain Tata letak dan Navigasi yang oke.

Daya kreativitas dan intelektual anda tercermin dari bagaimana resume anda disusun. Resume harus sudah terlihat menarik sejak pertama kali terlihat. Bagaimana caranya? sering-seringlah berexperimen dan coba-coba "intip" resume orang lain (terutama yang sukses diterima di perusahaan bonafid). Walaupun kreatif, jangan sampai kebablasan atau terlalu heboh, kecuali anda memang melamar kedalam tim kreatif suatu majalah atau perusahaan advertising.

Resume harus terlihat professional dan "intelek". Pokoknya, tunjukkan bahwa anda punya teknik dan metode yang lebih maju dibanding kebanyakan orang, walaupun untuk sekedar membuat resume.

Selain masalah tata letak, jangan lupa untuk memperhitungkan navigasi item-item yang ada dalam resume anda. Artinya, setiap kategori dikelompokkan dengan cermat sehingga dapat dibaca dan dipahami dengan mudah. Hindari kalimat yang terpotong oleh halaman. Susun setiap item terurut berdasarkan kronologi. Atur indentasi secara proporsional.

Terakhir, isi resume anda dengan jujur. Jangan mengada-ada karena akan mempersulit anda saat interview. sebagai perbandingan silahkan lihat resume saya yang telah saya buat dengan pertimbangan prinsip-prinsip diatas. Ditunggu komentar, kritik dan sarannya.

Sebelumnya:
Tips Membuat Resume (bag. 2)
Tips Membuat Resume (bag. 1)

1 komentar:

money magnetism mengatakan...

Total money magnetism is often used in spiritual origin of the disease. For example, tics, wealth, excessive alcohol use, smoking, psychological total money magnetism may be given. Total money magnetism is also used in other types of problems. Among these obesity corresponds asthma and allergic skin disorders.