23 November 2005

Paradox Time Travellers

Bayangkan anda bisa kembali kemasa lalu, kemudian anda bertemu dengan ayah atau kakek anda (atau siapalah leluhur anda) kemudian anda bunuh dimana saat itu anda belum lah lahir. Dengan terbunuhnya leluhur anda, itu akan mencegah anda terlahir di kemudian hari. Lalu kalau anda tidak pernah terlahir, bagaimana anda bisa membunuh leluhur anda tersebut?

Logika dalam cerita diatas dikenal dengan "paradox mesin waktu" yang bagi sebagian ilmuwan menjadi bukti bahwa tidak mungkin tercipta mesin waktu. However, sebagian lain ternyata tidak sependapat. Dalam artikel di newscientist ada ide bahwa tidak ada paradox dalam mesin waktu. Artinya anda "mungkin" bisa pergi kemasa lalu namun tidak akan pernah bisa melakukan apapun untuk mengubah sejarah. Jadi dalam paradox diatas, walaupun anda bisa pergi kemasa lalu, anda tidak akan pernah mampu membunuh leluhur anda yang menurut "sejarah aslinya" tidak mati terbunuh (oleh anda). Ini jadi mirip-mirip kisah di film Terminator 3. Sekeras apapun si John O Connor mengubah sejarah, justru usahanya menjadi bagian dari sejarah yang terjadi.

Jadi kalau benar kita bisa pergi ke masa lalu tapi tidak bisa mengubah sejarah agak sia-sia juga dong... tapi bisa ga sih kita pergi ke masa lalu?

Tidak ada komentar: