03 Desember 2005

RHCE

rhceAlhamdulillah akhirnya dapet juga sertifikat RHCE (RedHat Certified Engineer). baru kemarin ambil examnya. Anda juga mau juga?

Penyelenggara RHCE training dan sertifikasi resmi di Indonesia cuma PT. Bajau Escorindo. Menurut info (dari instruktur saya di Bajau), Biaya training dan exam RHCE diindonesia boleh dibilang paling murah se-regional Asia Tenggara sehingga banyak juga peminat RHCE dari singapura, malaysia, australia dan sekitarnya yang justru ambil disini padahal di negara mereka juga ada. Jadi tips pertama, jika ada orang indonesia yang kerja di LN (tapi ga jauh-jauh amat), kalau mau ambil sertifikat RHCE mending ambil disini. Ongkos RHCE di luar negri kurang lebih sama dengan Ongkos RHCE di Indonesia + Ongkos pulang ke Indonesia

RHCE exam terdiri atas 2 seksi: 1. Trobleshooting (2.5 jam) dan 2. Installasi (3jam). Seksi pertama dilakukan pagi dan seksi dua dilakukan siang hari setelah makan siang (biasanya exam dilakukan pada hari jumat, jadi setelah sholat jumat). keseluruhan exam adalah dalam bentuk ujian praktek, jadi sama sekali tidak ada ujian tertulis atau multiple choice.

Seksi trobleshooting memiliki dua fase. dalam fase pertama anda diminta menyelesaikan 8 trouble (masing-masing soal berberbobot 10%) dan fase dua hanya terdiri dari satu soal dengan bobot 20%. Skor minimum untuk lulus adalah 80%. Aturan mainnya adalah begini, dalam fase pertama terdapat 5 soal kompulsory yang harus bisa diselesaikan dalam waktu 1 jam atau GAME OVER alias anda tidak lulus. Sisa soal lainnya bisa diselesaikan dalam kurun waktu tersisa (total waktu untuk dua fase adalah 2,5 jam). Untuk masuk ke fase dua anda sebaiknya sudah menyelesaikan semua soal di fase pertama karena begitu masuk fase dua, anda tidak punya kesempatan untuk memperbaiki jawaban anda di fase pertama.

Karena syarat kelulusan adalah 80%, maka pilihannya adalah mengerjakan seluruh soal di fase pertama dengan sempurna (anda tidak perlu mengerjakan soal pada fase dua) , atau menyerah satu atau dua soal lalu mengerjakan soal di fase kedua. Saran saya adalah Kerjakan semua soal fase pertama dengan sempurna. Fase dua memiliki tingkat kesulitan yang lebih tingi dan anda memiliki tools yang lebih terbatas dibanding fase pertama. FYI, anda boleh koq membaca manual atau dokumentasi di server serta meminta instruktur anda untuk memeriksa jawaban anda. Selama jawaban anda belum benar, anda bisa memperbaiki jawaban anda (selama masih ada waktu).

Ujian seksi satu ini bagi saya cukup mudah. Semua soal kompulsory bisa saya kerjakan dalam waktu kurang dari 10 menit dan keseluruhan soal (fase satu dan dua) dalam waktu kurang dari 45 menit dengan skor 100%. Jadi jangan terlalu nervouslah... Sebenernya soalnya gampang-gampang koq :)

Ujian seksi kedua adalah Instalasi. Anda diminta menginstall sebuah linux server dengan kriteria tertentu. terdapat dua komponen kriteria yaitu RHCT (installasi dasar) dan RHCE (konfigurasi servis network). Syarat kelulusan adalah masing-masing skor lebih dari 70%. Jika anda lulus dalam komponen RHCT namun gagal dalam komponen RHCE, anda masih dapat sertifikat RHCT. Untuk memperoleh sertifikat RHCE, anda harus lulus kedua-duanya. Tips: kebanyakan peserta ujian yang gagal adalah terlalu terfokus pada setting konfigurasi tapi lupa menjalankan servis tersebut secara permanen, padahal penilaian akan dilakukan setelah anda selesai dan komputer direstart. Jadi jangan lupa PASTIKAN servis2 yang diminta sudah di set running pada saat boot. Jalankan perintah "chkconfig nama servis on" untuk semua servis yang diminta untuk di configure. Pastikan juga anda mengeset firewall (atau tcp wrapper) dengan benar. Walaupun anda mengkonfigure suatu servis dengan benar tapi ternyata di-blok maka anda tidak dapat nilai. wah sayang banget. Waktu yang tersedia adalah 3 jam. bagi saya cukup sempit untuk kembali membaca-baca manual. Dalam seksi ini anda tidak bisa meminta instruktur anda untuk memeriksa jawaban anda (anda harus periksa sendiri).

Selesai bisa langsung pulang. Lalu kapan kita tahu hasilnya? malam hari (atau paling telat besok paginya) biasanya sudah ada pemberitahuan dari RedHat apakah kita lulus atau fail.

Selamat Ujian...

6 komentar:

Anjar mengatakan...

hohoho, pantes nasihat linuxnya bisa diandalkan. Ternyata dah RHCE tho :D keren

haris jr mengatakan...

Thanks udah sharing pengalaman. Butuh saran neeh, sebelum RHCE mending ngambil RHCT dulu kan ya? trus punya saran tempat kursus linux sebelum saya ikut test RHCT&RHCE..?

Thanks sebelumnya tlr replynya cc ke harisjr@gmail.com

ech mengatakan...

Hi Haris,

> sebelum RHCE mending ngambil RHCT dulu kan ya?
tergantung. RHCE bisa diambil tanpa RHCT dan secara level, RHCE adalah superseed dari RHCT. Dalam ujian RHCE sebagian materi ujian adalah RHCT, Kalau anda fail di materi RHCE tapi lulus di materi RHCT, anda bisa certified RHCT (Walau exam yang diambil exam RHCE). Saran saya langsung aja ambil RHCE, tapi itu tergantung dari level skill dan tingkat kePD-an anda ;)

> Punya saran tempat kursus linux sebelum saya ikut test RHCT&RHCE..?
Saran saya ambil kursus RHCE rapid-track, materi kursus disesuaikan dengan materi ujian RHCE (tapi syaratnya anda sudah cukup familiar dengan RHEL atau akan keteteran). dulu diselenggarakan oleh BAJAU, sekarang saya kurang tahu. mungkin di Indolinux.

rommy mengatakan...

makasih mas atas infonya :)

Ahmadi Al Habibie mengatakan...

mas keren artikelnya..RHCT dan RHCE sangat informatif,akan aku jadikan markag di browserku.

Mas Irawan Punya Sertifikat ahli MIcrosoft kok masih kurang ya,jadi ambil Linux RHCE mas,bisa semuanya deh,..

mario mengatakan...

postingan ini sangat bermanfaat bagi orang-orang yang belum tau

pa saya mau tanya ande dengan mudah mendapat nilai 100 kalau blh tau bagai mana rahasianya ya pa?