13 Juli 2008

L'Arbre du Ténéré

Tenere Kadang wikipedia menginformasikan sesuatu yang sangat unik, setidaknya bagi saya pribadi. Kali ini adalah kisah sebuah pohon yang bernama asli (dalam bahasa lokal) L'Arbre du Ténéré atau Tree of Ténéré dalam bahasa inggris.

L'Arbre du Ténéré adalah sebuah pohon biasa sejenis akasia. tingginya sekitar 3 meter dan hidup merana. Istimewanya? adalah satu-satunya pohon yang tumbuh dalam radius lebih dari 400km di wilayah gurun sahara. kondisi geografis tempat dimana pohon ini tumbuh sangatlah tandus, namun -mungkin juga sebuah keajaiban- pohon ini berhasil bertahan hidup selama puluhan tahun.

Akhir hayat pohon ini cukup ironis. pada tahun 1973, sebuah truk menabraknya sampai patah. Bukan cuaca tandus kering dan gersang yang membunuhnya melainkan orang mabuk yang menyetir truk. Dan sesungguhnya bukan kali itu saja pohon ini pernah ditabrak mobil.

Sisa patahan pohon ini kini disimpan di musium nasional Nigeria.

artikel asli:
Wikipedia

1 komentar:

Rosyidi mengatakan...

Kasian banget ya. Gak salah apa2 ditubruk pemabuk. Emang bahaya nyetir sambil mabuk. Meskipun sekarang dah ada mobil yang gak bisa nyala kalo pengemudi mabuk, tapi itu cuma beberapa saja, dan sepertinya tidak banyak memberikan perubahan saat ini.