13 Agustus 2007

Nama Indonesia untuk Asteroid

Asteroid, salah satu objek tatasurya yang saking banyaknya hingga tidak diketahui jumlah pastinya. Ada banyak nama yang bisa disematkan kepada asteroid yang berjumlah ratusan ribu buah tersebut (saat ini telah ditemukan lebih dari 150 ribu buah).

Walaupun penamaan asteroid tidak bisa seenak jidat si-penemunya, kenyataannya berbagai asteroid dinamai dengan berbagai jenis nama. Selain nama tokoh dalam mitologi romawi dan Yunani, banyak juga asteroid dinamai dengan nama orang (sipenemu, pacarnya, teman pacarnya, sampai nama anjing peliharaan) dan juga dinamai dengan mana suatu lokasi, kota, daerah atau negara.

Dari ribuan nama asteroid, adakah nama-nama yang berbau Indonesia? Saya tidak begitu yakin apakah ada orang indonesia yang pernah menemukan asteroid, namun dari daftar nama asteroid di wikipedia, ternyata ada beberapa asteroid yang namanya berbau Indonesia. berikut adalah yang saya temui:

(863) Benkoela : Propinsi bengkulu, sumatra
(536) Merapi : Nama gunung di jawa tengah
(754) Malabar : Nama daerah pegunungan di jawa barat
(732) Tjilaki : Nama sungai di jawa barat
(731) Sorga : dari bahasa indonesia arti kata "Heaven"
(772) Tanete : nama tempat di sulawesi
(770) Bali : Pulau Bali (atau nama dewa)
(5408) Thé : dari nama Pik Sin Thé, astronom Indonesia

Bisa jadi masih ada lagi (dari daftar yang ada saat ini), namun terlewat oleh saya saking banyaknya nama yang harus ditelusuri. However, jika ada astronom dari indonesia yang menemukan banyak lagi asteroid, tidak tertutup kemungkinan daftar diatas akan bertambah lagi.

Mari kita cari asteroid kemudian namai dengan nama Indonesia :)

Sumber-sumber bermanfaat:
Daftar nama asteroid urut secara alphabet (selalu update)
Daftar nama asteroid di wikipedia
Arti nama-nama asteroid di Wikipedia

2 komentar:

Agam mengatakan...

Kan gak harus karena ditemukan oleh orang Indonesia. Bisa juga itu gara2 letaknya diatas Indonesia ato gimana gitu
*ngarang*
hehehe...

dhani mengatakan...

Ada beberapa nama asteroid lain yang terkait dg Indonesia seperti 2307 Garuda dan 7172 Multatuli. Yang lainnya seperti 2019 vanAlbada, 2378 Pannekoek, 10966 vanderHucht diambil dari nama2 astronom Belanda yg pernah bekerja di Obs. Bosscha.

Semua asteroid yg namanya "berbau" Indonesia ini sebenarnya bukan merupakan temuan dari teropong yang berada di Indonesia. Nama-nama pada asteroid tersebut merupakan penghargaan kepada tokoh, tempat, atau Indonesia secara umum yang diusulkan oleh penemunya.