15 Agustus 2006

Expand Linux

ExpandBeberapa hari belakangan ini saya diberi mainan baru di kantor namanya expand networks accelerator. Benda ini dignakan untuk melakukan kompresi dan akselerasi lalulintas data via WAN. Kalau kumpeni anda punya koneksi WAN yang cekak bandwidhtnya, cobalah alat ini. Mudah-mudahan bandwidth 64kbps bisa terasa 256kbps s.d 512kbps. Expand menclaim bahwa alat ini bisa melakukan kompresi rata-rata 400%-700% (max 1000%), tergantung aplikasi atau data yang dilewatkan.

Ketika pertama kali saya didemokan alat ini oleh kawan saya, dikatakan "lihat, perintah-perintahnya cisco-based" (maksudnya hampir sama dengan perintah-perintah CLI-nya cisco). "Gampang kan??" kata teman saya. "Masalahnya teknikal support expand ini sangat minim. dicari di internet juga susah dapatnya".

Mmm...? kelihatannya memang gampang. btw, CLInya menurut saya lebih mirip perintah-perintah quagga dari pada cisco. tapi ok lah..

Saya coba bermain-main hingga suatu saat ketika melakukan debugging (ketik perintah "show tech-support-internal") kemudian membaca-baca reportnya yang berisi lebih dari 20.000 baris, saya menemukan baris sebagai berikut:

Mar 15 13:54:30 localhost kernel: Linux version 2.4.20 (root@jupiter) (gcc version 3.2.2 20030222 (Red Hat Linux 3.2.2-5)) #32 SMP Wed Nov 9 13:18:12 IST 2005
What the...? Linux?
kemudian saya coba-coba hack hingga akhirnya berhasil masuk ke shell:
Expand


Ya ampuun, ternyata benar. benda canggih ini ternyata berintikan kernel linux. Kalo sudah bisa login ke shell linux kayak begini sih, urusan berikutnya boleh dibilang udah gampang...

Tidak ada komentar: