ech's blog

thought and journey


I Hate Vacation Email

I hate Vacation email!

Anda langganan suatu milis dan tiba-tiba inbox anda penuh oleh email dari seseorang yang isinya (kira-kira) "Halo, beberapa hari ini saya pergi keluar kota. Jika ada keperluan mendesak .. bla..bla.." Ya, user tersebut memanfaatkan fitur yang dikenal dengan "vacation email". Intinya mail server akan otomatis mereply semua email yang ditujukan ke user tersebut dengan isi pesan yang telah didefinisikan. Fitur ini biasanya di-enable jika user yang bersangkutan dalam waktu beberapa lama tidak akan membaca email dan semua pengirim email harap maklum adanya.

Sepertinya fitur yang keren, tapi menjadi fatal jika yang bersangkutan melanggan milis dan lupa unsubscribe sebelum meng-enable fitur ini. Akibatnya milis akan di bombardir oleh reply dari server sampai dengan sang moderator milis terbangun dan buru-buru menghapus user tersebut dari milisnya.

Kejadian seperti ini beberapa kali saya alami. Jelas mengesalkan apalagi sang moderator juga ternyata sedang "in vacation". Sering saya menganggap orang yang menggunakan fitur ini sebagai orang yang narsis. Coba renungkan kembali. Apa perlu mereply semua email yang masuk dengan pesan "maaf saya sedang tidak berada ditempat.. bla.. bla.." ? Pertimbangkan bahwa:
- Tidak semua email kudu di reply (email pemberitahuan, log report, etc)
- Andaikan perlu direply, masih bisa menunggu beberapa hari
- Andaikan ada sesuatu yang TOP URGENT yang kudu di respons secepatnya, percayalah mereka akan mengubungi anda dengan cara lain. Jika tidak, itu artinya hal top urgent tersebut adalah menyangkut hidup dan mati anda (bukan si pengirim email). kalau begini berarti itu adalah masalah anda, bukan masalah mereka (salah sendiri ga baca email, paling-paling begitu komentar mereka). Fitur "vacation email" tidak berguna untuk masalah ini.

Sebagian orang mungkin punya alasan lain. Katakanlah, menggunakan fitur ini adalah PROTAP (prosedur tetap) untuk semua karyawan yang berpergian. Saya pribadi tidak pernah menggunakan fitur ini, dan saran saya untuk orang-orang yang mempunyai account email perusahaan namun dalam penggunaannya mencampur antara urusan bisnis dan urusan pribadi lebih baik jangan gunakan fitur ini (atau gunakan fitur ini namun sebaiknya email account tersebut jangan gunakan untuk urusan pribadi) . Kalau email anda banyak berisi email top urgent, sebaiknya diusahakan gimana cara anda selalu bisa akses mailbox anda. Jaman sekarang ada banyak teknologi yang memungkinkan hal tersebut.

Label:

0 Responses to “I Hate Vacation Email”

Poskan Komentar

Links to this post

Buat sebuah Link

Search

About me

  • /me orang biasa saja. Berkeluarga dengan satu istri dan dua orang anak. Saat ini bekerja di salah satu perusahaan konsultan IT. Mempunyai minat di bidang IT, astronomy dan Fisika. Hobby baca and ngoprek komputer.
  • My profile


Topik

Archives