21 September 2005

Hallo... nama saya Lutfan!

LutfanHallo, namaku lutfan. Ayah menyuruh aku mejeng disini, katanya seh ada yang mau kenalan. Salam kenal yah!. Barusan sambil goreng emping ibu pesen-pesen, kalau ada yang mau kenalan, datang aja kerumah, jangan cuma mampir di blog ayah. Nanti kalau mampir kerumah, ayahku akan masak masakan udang saos tirem ala "babe lutfan". tapi itu kalau tukang udangnya lewat.

Aku dilahirkan 19 desember 2004, pas seminggu sebelum bencana tsunami di Aceh. Zodiakku Sagitarius, sama seperti ayah. Alhamdulillah kelahiranku normal, tidak perlu sampai operasi caesar walaupun ternyata tali pusatku sangat pendek.

Ayah yang memberi namaku lutfan. Ternyata ayah dan ibu punya perjanjian, anak lelaki di beri nama oleh ayah dan anak perempuan diberi nama oleh ibu. Ayah sebenarnya agak telat memberi nama, sehingga sebelum punya nama resmi, oma ku menamaiku Steward. Ayahku kurang setuju dengan nama itu "Kayak nama orang cina" kata ayah. Lho... bukannya kayak nama penyanyi rock yang rambutnya jabrik? Tapi karena oma-lah sampai sekarang om dan tanteku memanggilku "si-iwuch", merjer dari "steward" (di spell dengan logat tanjung priuk) dengan "lutfan". Bagus juga koq, "iwuch bin ech", hehehe...

Nama lengkapku "Lutfan Nizami Arivain". Ada banyak alasan mengapa ayahku memberi nama itu. Alasan pertama: namaku terdiri atas 19 huruf, sama dengan tanggal kelahiranku. 19 juga adalah jumlah huruf dalam kalimat "Bismillahirrahmaanirrahiim" (dalam huruf arab) kalimat suci yang dibaca milyaran umat muslim setiap hari setiap kali memulai sesuatu. Alasan berikutnya: Namaku diawali huruf "L", yaitu huruf urutan ke 12 dalam abjad yang sama dengan bulan kelahiranku. Dengan huruf awal "L" juga akan menyebabkan diriku berada dalam kisaran urutan tengah-tengah dalam daftar absen jika aku bersekolah nanti. Wah, ternyata ayahku mikirnya sampai kesitu yah?

Alasan lainnya agak futuristik. Ayahku menginginkan jika namaku dicari dengan mesin cari google akan menghasilkan result yang "straight" (langsung mengarah tentang informasi tentang diriku sendiri). Artinya namaku dirancang sedemikian rupa selain keren dan punya arti mendalam, juga unik alias susah dicari duanya di bumi ini. Ayahku sudah periksa, kata "lutfan" dicari dengan google menghasilkan 616 result, "nizami" 258.000 result dan kata "arivain" 622 result. Kombinasi ketiga kata tersebut menghasilkan 2 result, yaitu blog ayahku ini. Ternyata selain "nizami", namaku memiliki hit yang rendah. Artinya namaku ga pasaran dong.... Bayangin kalau jadi dikasih nama "Steward", kalau di cari di google bakal bias hasilnya karena ada 9.330.000 result!

"Lutfan" artinya adalah orang yang lemah lembut dan "Arivain" artinya adalah "yang memiliki dua kearifan" Ayahku menyuruhku untuk mencari dan mencapai dua kearifan yang dimaksud. Sebuah tugas yang berat di dunia penuh dengan tipu daya. btw, "arvain" juga adalah pelesetan dari "irawan", nama belakang ayah.

Tentang "nizami", nama tersebut diambil dari nama sebuah bintang! Ayahku kalau sudah cerita tentang astronomi memang jagonya. NizamBintang tersebut adalah bintang alnilam yang berasal dari kata An-Nizam, yang artinya "untaian mutiara". Bintang ini terletak tepat di tengah-tengah rasi Orion, urutan ke 30 sebagai bintang terterang di langit. Jaraknya adalah 1300 tahun cahaya. Sangat Jauh...! Dengan teknologi roket jaman sekarang, butuh waktu sekitar 57 juta tahun untuk sampai kesana (belum sampai mungkin udah keburu kiamat). Foto disebelah ini adalah foto bintang tersebut, Bagus ya? kapan-kapan saya ingin mampir kesana kalau teknologi warp seperti di film startrek telah ditemukan. Kalau saya naik pesawat Stratrek Enterprise-nya om kapten Picard, dengan kecepatan jelajah rata-rata dari bumi sampai sama bisa ditempuh dalam waktu 3-4 bulan.

Sekarang umurku sudah 9 bulan, belum bisa jalan sendiri (masih latihan nih) tapi sudah bisa berdiri pegangan satu tangan. Ini foto aku bersama ayah, difoto oleh ibu.
Bareng Ayah

5 komentar:

Iko mengatakan...

Salam kenal yaa Lutfan,...
waaahh, boleh donkz kapan2 Tata Iko main ke rumah Lutfan,... sekalian kenalan dgn Ibu dan Bapak.. plus nyobain masakan na "babe Lutfan".... hehehe.

Anjar mengatakan...

Halu Lutfan, curiganya ayahmu milih huruf L biar sama kaya Linux :D mainannya beliau. btw kalau di cek hari ini dah ada Lutfan lainnya lho di malaysia

elfan mengatakan...

salam kenal untuk Lutfan
kebetulan sekali nama saya Lutfan juga.. cuma belakangnya beda..
siapa tau kapan2 bisa ketemu, kita bisa bikin klub Lutfan se Indonesia.. hehehe

Anonim mengatakan...

Wah pengen buat blog kyk bapak nya lutfan....

guitar lesson mengatakan...

lutfan anas zahir?