ech's blog

thought and journey


Mars Hoax

Perasaan dua tahun lalu sudah pernah dapet posting seperti ini sekarang lagi? BBGTL! (Basi Banget Geto Loh)

> Subject: MELIHAT MARS SEUMUR HIDUP
> Date: Thu, 11 Aug 2005 10:59:25 +0700
>
> Planet mars akan terlihat terang di langit
> mulai agustus, Mars akan terlihat
> sebesar bulan purnama penuh (full moon).
> Mars akanterlihat sangat jelas
> pada tanggal 27 agustus jam 12.30 saat
> mars hanya berjarak 34.65M dari bumi.
> Seakan terlihat bumi memiliki 2 bulan.
> Selanjutanya kemunculan mars
> sedekat ini akan terjadi lagi tahun 2287.
> Informasikan ini kepada teman2 mu
> sebagaimana seluruh orang yang hidup
> saat ini tidak akan mengalaminya lagi....
>


However, dari postingan di milis astronomy_indonesia Mas Ferry memberi penjelasan yang cukup informatif. See post below:

Date: Fri, 12 Aug 2005 00:33:56 -0700 (PDT)
From: Ferry M. Simatupang
Reply-To: astronomi_indonesia@yahoogroups.com

kalo membaca postingnya, kayaknya ini posting dari
kejadian tahun 2003 lalu deh, bukan yang tahun 2005.
fyi, mars mendekat ke bumi setiap 26 bulan. makanya
setiap 2 tahun, amerika memanfaatkannya dengan
mengirim wahana angkasa ke mars. so, actually nothing
so special about it.

itu posting bohong kalo bilang 'it will look like the
earth has 2 moons'. a big lie. soalnya saat itu
terjadi (27 agustus 2003), diameter sudut mars kalo
dilihat dari bumi hanya 25,11 detik busur. padahal
diameter sudut bulan saat itu adalah 1907,63 detik
busur (atau 1907,63/60 = 31,8 menit busur). jadi
ukuran mars saat itu sekitar 76 kali lebih kecil dari
bulan. mars dengan mata telanjang tetap terlihat
sebagai titik, hanya saja cahayanya lebih terang dari
kecerlangan rata-ratanya sepanjang tahun.

variasi jarak terdekat bumi-mars (dengan periode
sekitar 26 bulan itu) dari tahun ke tahun juga tidak
terlalu besar. variasi ini disebabkan oleh perubahan
kepepatan orbit masing-masing mars dan bumi yang
berubah, dan sumbu major/minor orbit yang juga
berputar (bentuk elips orbitnya yang berevolusi).
sebagai contoh:

tahun jarak bumi-mars (dalam au)
1999 0,5785
2001 0,4502
2003 0,3727
2005 0,4541
2007 0,5893
2010 0,6640
2012 0,6737

bandingkan misalnya yang tahun 2003 (magnitud -2,9)
dengan tahun 2005 (magnitud -2,3). dengan beda jarak
ke bumi 0,0814 au, beda kecerlangannya hanya sekitar
0,6 magnitud, cukup sulit dibedakan kecerlangannya ini
dengan mata telanjang.

Label: ,



Links to this post

Buat sebuah Link

Search

About me

  • /me orang biasa saja. Berkeluarga dengan satu istri dan dua orang anak. Saat ini bekerja di salah satu perusahaan konsultan IT. Mempunyai minat di bidang IT, astronomy dan Fisika. Hobby baca and ngoprek komputer.
  • My profile


Topik

Archives