05 Juni 2004

Fenomena Orbs

Buat anda yang punya kamera digital dan suka foto-foto, mungkin anda pernah menemukan, dari beberapa foto yang dihasilkan ada diantaranya mengandung lingkaran (gelembung) berwarna putih kecil. Kadang-kadang ada banyak, bahkan kadang-kadang juga begitu mencolok.

Gelembung putih tersebut disebut dengan orbs. Istilah orbs pertama kali saya dengar dari diskusi dalam milis Beta-Ufo. Setelah cari-cari lewat google ketemu juga arti istilah orbs:

Orb - An orb is a sphere like object, usually in a transparent state. Each orb is believed to represent a single living soul of a deceased person. The common color they appear is a soft transparent white. However they have been photographed in several colors, such as blue, red, yellow, etc. Orbs are generally captured on photos only. However, there does seem to be a connection to ghost lights and orbs. This would mean that the ghost lights are that of orbs being seen with the laked eye.

sumber: http://hometown.aol.com/xzerria/Definitions.html

Apa yang menarik? Dari diskusi di milis tersebut, saya teringat kalau ada beberapa foto yang saya miliki mengandung orbs (atau boleh di bilang "mirip orbs"). Tadinya saya pikir lingkaran putih itu muncul karena lensa yang kotor atau sebab lain. Cukup masuk akal memang, saya tidak pernah berpikir kalau gelembung-gelembung tersebut adalah penjelmaan arwah atau makhluk halus.

Namun fenomena orbs sendiri cukup kontroversial. sebagian orang menyangkal kalau kamera mereka-lah yang bermasalah. Argumen lensa yang kotor mereka tolak karena kemunculan orbs selalu acak, bukan di koordinat yang sama (selain itu mereka juga memastikan kalau mereka selalu menjaga kebersihan lensa kamera mereka) Foto orbs juga ternyata sering muncul pada tempat-tempat tertentu saja. Di sisi lain, sebagian orang mengemukakan fakta bahwa sebagian besar foto orbs hanya terjadi kalau foto diambil dengan menggunakan lampu blitz, dan

(unfortunatelly), orbs hanya sering muncul pada kamera beresolusi rendah.

kalau anda cari2 di google, anda bisa menemukan foto-foto orbs lain yang cukup menakjubkan, bahkan ada foto orbs yang kalau di zoom akan terlihat bayangan wajah seseorang (hii...)

Seorang peneliti orbs mengatakan, yahh... diantara foto-foto orbs ada yang memang cuma gangguan (noise) dari sistem lensa di kamera, tapi banyak juga foto orbs yang benar-benar "ghostly phenomena".

Seorang teman memberikan komentar tentang foto orbs yang saya miliki. komentarnya kurang lebih "Gelembung putih kecil muncul bukan karena lensa yang kotor, bukan juga karena ada arwah gentayangan. itu disebabkan teknik yang salah. Kalau memotret tidak memperhitungkan pencahayaan sekitar, buka-an dan kecepatan diafragma, akan muncul gelembung seperti itu."

Entahlah.. mungkin kata-kata rekan saya ini ada benarnya. kayaknya foto orbs yang saya miliki memang bukan foto orbs yang sesungguhnya. btw, anda sendiri gimana? Mau coba memotret "Orbs" betulan??

References:
http://www.millersparanormalresearch.com/Pages/Orb_Controversy.htm
http://www.psychicinvestigators.net/html/body_spirit_orbs.html
http://www.ghostweb.com/orb_theory.html

4 komentar:

dhani mengatakan...

Wah, saya juga sempat nemu yg semacam itu sekali di foto yg saya ambil. (Fotonya bisa dilihat di URI http://www.dhani.org/bosscha/DSCN1335.jpg). Selama ini saya pikir gelembung2 itu cuma masalah teknis pemotretan saja sampai saya baca tulisan anda ini. Oya, foto aslinya dlm resolusi 4 megapiksel.

Anyway, foto tsb saya ambil di obs. Bosscha. Mungkin gedung teleskop Zeiss ini memang ada hantunya? :)

Anonim mengatakan...

ya, saya juga sempat ngambil foto di beberapa tempat gelap dengan memakai blitz dan hasil jepretan saya juga ada orbs. Saya kira itu cuma karena lensa saya kotor. Tapi saya coba memotret di tempat yang sama dalam selang waktu yang pendek. Saya menemukan bahwa posisi gelembung2 tsb tidak konstan tapi berpindah.

Sekian dari saya. Hanya pingin berbagi pengalaman. Thx

Desa_Tegallinggah mengatakan...

Mohon komentarnya tentang hasil jepretan kami,untuk meluruskan dari persepsi-persepsi yang berkembang di masyarakat. Terima kasih.

Foto Orbs

ech mengatakan...

#desa_tegallinggah
Orbs yang saya lihat difoto anda kelihatannya hanya efek debu (seperti yang sering saya dapati juga).