17 April 2013

Review new laptop: Thinkpad T430

t430 Setelah beberapa Bulan menggunakan T430 yang baru ini saya ingin coba memberikan beberapa ulasan. yang jelas laptop ini sepertinya bukan barang yang banyak tersedia di pasar indonesia (pesanan saya indent hampir 1.5 bulan) dan harga relatif agak mahal untuk pengguna awam. Kenapa saya akhirnya memilih T430 ada beberapa pertimbangan:
  • memory support hingga 16 GB (sebagian besar laptop di pasar max 8GB)
  • memiliki slot MSATA. ada potensi saya menggunakan Hardisk SSD-MSATA tanpa harus me-replace exisiting HDD.
  • membaca review di internet, laptop ini mendapat rating bagus untuk performace.

Laptop ini datang dengan spesifikasi standard, memory 4 GB dan hardisk 500 GB. saya agak kecewa ternyata model yang saya pesan ini tidak memiliki fingerprint scan. namun saya suka ada lampu back-light dibawah keyboard yang memudahkan saya mengetik di tempat gelap. WAN-Interface tidak tersedia sehingga slot MSATA laptop ini kosong.
saya juga memesan Disk-bay sehingga saya bisa menambahkan hardisk di slot DVD-drive.

Minggu lalu akhirnya saya berkesempatan membeli dua keping memory 8GB dan hardisk SSD-MSATA 64GB serta hardisk tambahan di Disk-bay. memory 4Gb saya copot (jual murah saja) dan juga DVD-Drive saya copot untuk selamanya.

Sekarang konfigurasi T430 ini menjadi unik. memiliki 3 disk internal (1x SSD MSATA, 1x SATA bawaan, 1x SATA via diskbay). dan terinstall memory 16 GB. Mengapa saya taruh banyak hardisk internal? pertimbangannya adalah memaximalkan I/O disk performance karena saya akan banyak bekerja dengan virtual machine (VM) ketika ngoprek dan expore.

Sejauh ini saya puas dengan performance T430 yang saya beri nama si "Tio". recomended Laptop.

1 komentar:

Cia ling mengatakan...

keren gan article nya..kenjungi juga blog saya ya gan http://chaniaj.blogspot.com/