08 Mei 2007

Upgrade TSM Client v5.2 on AIX

Bulan ini saya melakukan beberapa upgrade TSM server & Client di beberapa customer. Kebanyakan adalah dari versi 5.2 ke versi 5.3 Memang versi 5.2 ini sudah cukup lama. Pertengahan tahun ini support IBM untuk TSM 5.2 akan dihetikan, alias discontinued.

So, apa susahnya upgrade TSM dari v5.2 ke v5.3? Pada dasarnya tidak sulit. tinggal masukkan cd source lalu lakukan perintah smitty installp dan lakukan step-step sebagaimana install baru. Namun ada sedikit trik, terutama jika anda juga akan mengupgrade TSM API. Berbeda dari v5.2 yang kita hanya bisa memilih salah satu API yaitu 32bit atau 64bit, untuk v5.3 kita harus memilih kedua-duanya (API 32 bit dan 64bit) walaupun processor mesin kita (p-series) adalah processor 64bit. Pelangaman pribadi dan consultant lain jika kita tidak menginstall API 32bit ini, maka akan ada problem jika ada TDP (Tivoli Data Protection) for appliction di mesin tersebut.

Permasalahannya, kita tidak bisa mengupgrade API 64bit dan 32bit sekaligus jika pada installasi sebelumnya (v5.2) API 32bit tidak terinstall (upgrade akan gagal karena tidak ditemukan API 32bit previous install). Solusinya, kita tidak dapat upgrade-replace, melainkan remove dulu TSM API yang ada, lalu lakukan install versi terbaru.

Setelah melakukan upgrade masih ada satu step tambahan. Berbeda dengan versi 5.2, sejak v5.3, TSM mewajibkan file dsmerror.log ditulis oleh user non-root. Jika dimesin anda terinstall TDP, jangan lupa lakukan chown file dsmerror.log ke user aplikasi yang bersangkutan (misalnya terinstall TDP oracle, lakukan chown file dsmerror.log ke user oracle). Atau yang paling mudah (namun agak risky), lakukan perintah chmod 777 file dsmerror.log (note: Untuk mengetahi dimana file dsmerror.log berada, check configurasi pada file /usr/tivoli/tsm/client/bin/dsm.sys atau /etc/environment. Defaultnya berada di direktori /usr/tivoli/tsm/client/api/bin64/

Semoga berhasil!

Tidak ada komentar: