17 Juli 2006

Download Video dari YouTube

Situs ini sebenarnya sudah lama saya kenal, yaitu tempat ita bisa meng-upload video koleksi kita, sekaligus melihat-lihat video koleksi orang lain (yang sudah di upload). Namun selama ini saya tidak terlalu berminat. Dengan kondisi internet di indonesia yang lemot, melihat video secara streaming beresiko kena penyakit darah tinggi, Mendingan blogwalking ajah.

Namun hari ini saya iseng-iseng explore situs ini, Oh ternyata banyak hal yang menarik. Yang membuat saya jadi tertarik adalah saya bisa mendapatkan video-klip lagu-lagu yang selama ini saya penasaran seperti apa (sering dengar lagunya, tidak pernah lihat videonya) Maklum lagu kesukaan saya ga lolos tayang di MTV, heheh (lagian jarang nonton MTV pula). Selain itu banyak cuplikan video-video lain yang menarik. Hantu tertangkap kamera? Selebriti gokil? berita aneh? tinggal search saja.

Masalahnya adalah, secara default anda hanya bisa melihat video secara streaming dan tidak bisa disave. Jadi gimana? tenang... ada solusi untuk menyimpan video kesukaan anda. syarat pertama adalah gunakan browser firefox. kemudian ikuti langkah berikut:
1. download dan install extension greasemonkey
2. Restart firefox anda untuk mengaktifkan extension greasemonkey
3. Klik kanan file ini, kemudian pilih "Install User Script"
4. Persiapan selesai.

Sekarang setiap anda buka jendela video youtube akan muncul bar merah di bagian atas jendela browser anda berisi link "Save As" untuk mendowload video. Klik kanan link tersebut dengan pilihan "Save Link As," Rename nama file dan extension video yang hendak anda simpan dengan extension ".flv" . File flv bisa di mainkan dengan FLV Player
Silahkan download dan install di komputer anda.

Selain cara diatas ada cara yang lebih simple. Copy URL video yang anda masukkan di URL ini. Otomatis akan digenerate URL untuk mendownlod video tersebut. Klik kanan dan pilih "save Link As". Jangan lupa ganti extension file video menjadi .flv

Tidak ada komentar: