20 Juli 2006

Awan Gempa

AwanMinggu ini dalam kurun waktu kurang dari tiga hari berturut-turut telah terjadi gempa sebanyak dua kali di wilayah selatan Jawa. Saya pribadi tidak merasakan apa-pun. Saat gempa pertama terjadi saya sedang dalam perjalanan di mobil, sementara gempa kedua saya sedang berselancar internet di kantor, juga tidak merasakan apa-apa. Kekagetan saya adalah ketika membaca berita di detik bahwa 5 menit sebelumnya telah terjadi gempa.

Yang menarik perhatian adalah, dalam beberapa kali gempa yang terjadi di Indonesia, terdapat penampakan awan memanjang. Fenomena ini paling banyak disaksikan oleh masyarakat menjelang terjadi gempa di Yogya, juga banyak di bahas di milis-milis. Apakah ada hubungan antara gempa dengan munculnya awan gempa?

Dari berita di detik BMG membantah adanya hubungan antara awan dengan gempa. Namun ternyata ada peneliti bernama Zhonghao Shou yang menghubungkan antara penampakan awan dengan akan datangnya gempa bumi. Dalam situsnya zhonghou menjelaskan bahwa ia telah melakukan beberapa kali prediksi tentang akan adanya gempa bumi berdasarkan penampakan awan melalui citra satelit. Sebagian Besar ramalannya terbukti benar. Terjadinya awan menjelang terjadinya gempa dijelaskan secara ilmiah bahwa gerakan batuan di lapisan kerak bumi melepaskan panas yang cukup dapat menghasilkan "awan Gempa". bentuk awan ini cukup khas. Dalam situs tersebut di tampilkan beberapa foto awan gempa yang pernah tertangkap kamera.

Dengan penelitan yang lebih seksama, dimungkinkan dimasa depan bencana gempa bumi dapat diramalkan dengan akurat? semoga saja.

Update 26/07/2006
Ternyata Masalah awan gempa ini masih kontroversi. Silahkan baca diskusi menarik tentang masalah ini.

4 komentar:

tikabanget mengatakan...

wah.. itu mesti dapet di quake.exit ya?
aku juga dulu bacanya disitu.. :)

gagahput3ra mengatakan...

hmm....mungkin harus dilihat dari dua sisi juga ya...dari sisi iptek, dan dari sisi spiritual. Walau dari sisi IpTek fenomena AWan ini sama saja dengan omsong......dari sisi agama juga omsong...ya...emang semuanya OMong koSONG sih....

(maaf, lagi iseng2 SEO nih dengan kata2 OMSONG)

Muhammad Mufti mengatakan...

Di Jogja memang terlihat jelas awan seperti itu beberapa kali. Bahkan ada juga cahaya terang seperti meteor atau bintang berekor yang bisa diikuti pandangan mata dan beberapa hari kemudian terjadi gempa di Ciamis. Wallahu Alam...

mr.cappuccino mengatakan...

beberapa minggu yg lalu,dalam perjalanan pulkam,saya melihat apa yg disebut awan gempa itu,bahkan bentuknya lebih jelas,memanjang horizontal.padahal gempa dijogja udah lewat beberapa hari,dan ga ada kejadian gempa lg setelah itu.oya,saya melihat awan itu sebelum beredarnya berita tentang awan gempa.