08 Mei 2006

Polisi di Semanggi

Ini adalah cerita pengalaman saya "berurusan" dengan pak polisi di jembatan Semanggi.

Pengalaman pertama beberapa tahun yang lalu.
karena mobil kantor yang saya tumpangi tidak searah dengan tujuan saya, saya minta turun persis di putaran semanggi arah ke Blok M. Waktu itu sore hari menjelang maghrib, cuaca habis gerimis dan sepi. Setelah beberapa langkah berjalan tiba-tiba polisi di pos yang tidak jauh dari situ berteriak memanggil saya.

[Me] : Err... (deg-deg-an)
[Polisi] : Yak, kemari dik!
[Me] : Ya, ada apa pak??
[Polisi] : Dik, Kamu sudah makan belum?
[Me] : emmh... Belum pak (emang belum makan dari siang)
[Polisi] : Kalau gitu ambil nih nasi bungkus...
[Me] : Oh, terima kasih pak
[Polisi] : makan disini ga papa. Santai ajalah...
[Me] : .... (makan nasi bungkus. emang lagi laper)

Kirain mo di tangkap, ternyata dapet nasi bungkus.

pengalaman kedua, Minggu lalu.
Saya dapat tugas mengirim sekaligus mengconfigure sebuah manageable switch di salah satu customer di wilayah Sudirman. Mereka minta di pasang off Office Hour, sekitar jam 5 sore. paling males pergi kedaerah situ di sore hari, mana macet dan kena 3in1 pula. Jadi saya putuskan pergi naek motor saja sekalian pulang. Di jalan saya agak melamun dan melewati jembatan semanggi agak minggir, sehingga kebawa arus malah berputar diputaran semanggi (yang terlarang untuk sepeda motor). Pritt....!!!!

[Polisi] : Selamat Sore Pak!!
[Me] : Selamat Sore
[Polisi] : Apa bapak ga ngeliat itu rambu gede ? (maksudnya motor dilarang lewat)
[Me] : Iya... mohon maaf pak, saya Lupa.
[Polisi] : Surat-surat lengkap?
[Me] : Lengkap
[Polisi] : Boleh saya lihat?
[Me] : .... (serahkan SIM dan STNK)
[Polisi] : Ya sudah hari sampeyan saya maafkan. Lain kali tidak boleh..
[Me] : Waduh.. terima kasih pak.

Ternyata tidak diapa-apain, padahal pelanggaran telak banget.

Selain kejadian diatas, selama punya sepeda motor sendiri, sebenarnya baru dua kali saya kena tilang. Pertama daerah sunter podomoro karena nerobos lampu merah. Di jalan sepi ternyata ada polisi, bener-bener apes hari itu :). Yang kedua adalah di jalan by-pass dekat kementrian Lingkungan hidup karena lewat jalur cepat. Waktu itu ada puluhan motor lain ikut kena tilang (panen besar!!) saya sendiri baru sadar kalau di daerah itu dilarang lewat jalur cepat. Sudah puluhan kali lewat, baru kali ini kena tilang.

Tidak ada komentar: