19 Februari 2006

Enam versi Windows Vista

Longhorn Kemunculannya sudah lama ditunggu-tunggu, apakah tampilan dan fitur-fiturnya seheboh gosipnya?. Windows Vista yang dulu dikenal dengan "longhorn", apabila sesuai dengan rencana akan dirilis sekitar akhir tahun 2006 ini.

Ada sebuah bocoran informasi, dan ini official. Windows vista akan hadir dalam enam versi. Jika Window XP hadir dalam tiga versi (XP Starter Edition, XP Home Edition dan XP Professional), maka Windows Vista akan dirilis dalam versi sebagai berikut:

- Windows Starter 2007
Tidak mengusung Brand "Vista" karena tampilan grafisnya tidak mengandung theme "Aero" yang ada disemua versi Vista Lainnya. Dipasarkan hanya untuk versi 32-bit.

- Windows Vista Home Basic *
Adalah Windows Vista versi yang paling Standard, Untuk pengguna rumahan.

- Windows Vista Home Premium
Kelebihan dari versi Home Basic adalah dukungan Multimedia & Home entertainment yang lebih canggih.

- Windows Vista Business *
Padanan versi ini adalah Windows XP Professional. Diperuntukkan bagi pengguna kantor dan pebisnis.

- Windows Vista Enterprise.
Superset dari versi Business. Kelebihannya dari versi Vista Bussiness adalah tambahan fitur yang unik semisal fitur Virtual PC, Multilanguage Interface, dan teknologi Volume Encryption Security.

- Windows Vista Ultimate
Pilihan terbaik untuk personal PC, namun dioptimasi untuk pengguna individual. berisi gabungan fitur-fitur dalam versi home dan Business.

* terdapat versi "Windos Vista Home Basic N" dan "Windows Vista Bussiness N" yang diperuntukkan untuk pasar Eropa. Perbedaannya adalah tiada Windows Media Player.

Dengan adanya banyak versi window vista, bisa jadi akan menjadi bumerang bagi microsoft. Saat ini sudah muncul berbagai kritik bahwa versi yang bermacam-macam ini akan membingungkan pengguna untuk memutuskan Produk mana yang akan dibeli. Pengalaman saya untuk windows XP, beberapa customer karena ketidaktahuannya membeli versi windows yang salah (kebutuhannya Windows XP Pro malah beli Windows XP Home) yang celakanya kedua versi windows ini tidak saling kompatibel. Sebuah Laptop terinstall Windows XP Home menjadi "mati angin" ketika di-konek dalam jaringan berbasis Domain / Active Directory. Walaupun dengan sedikit trik Win XP Home bisa mengakses sumber daya dalam server berbasis Active Directory, accessability tidak akan pernah sama dengan PC-PC yang terinstall Windows XP Professional. Upgrade XP Home menjadi XP Pro adalah urusan yang ribet, baik masalah teknis maupun non teknis. Susah menjelaskan serta meyakinkan user yang awam, mengapa mereka harus ganti Windows mereka. Mengapa hanya untuk men-join domain harus beli windows XP yang baru (tanya kenapa?)

Saya belum bisa cerita untuk windows Vista, tapi sepertinya sudah terbayang kesulitan menjadi administrator dalam lingkungan LAN yang terdapat bermacam-macam windows vista. Apakah Microsoft sudah memikirkan metode mengadministrasi berbagai produknya ini? Atau memang hanya satu cara. untuk PC-PC anggota Domain, upgrade semua windows Vista anda menjadi Windows Vista Business atau Enterprise!!

Tidak tertutup kemungkinan adanya perubahan versi di saat-saat akhir. Untuk lebih pasti mari kita lihat saat peluncurannya.

Sumber:
It's Official: Microsoft Reveals Vista Product Editions
Windows Vista Product Editions Preview

1 komentar:

Antony Kurniawan mengatakan...

SHARE - Mengubah Windows Vista menjadi bahasa Indonesia
http://adf.ly/Ast2b
(Membutuhkan Windows Vista asli, bukan bajakan)