01 April 2006

April Mop

Tanggal satu april setiap tahunnya diperingati sebagai April Mop. Hari dimana orang-orang "boleh" ngerjain orang lain entah dengan diisengin atau dibohongin. Kebetulan dalam lingkungan pergaulan saya (di dunia nyata) April Mop tidak dianggap sebuah tradisi, namun belakangan di dunia internet terlebih khusus di dunia blog, banyak yang memperingatinya dengan memposting artikel yang tidak lazim (biasanya seh bohong) atau tampilan blognya dibuat aneh. Dibutuhkan kreatifitas untuk melakukan hal ini (supaya ga dikatain basbang gitu lohh). Situs-situs kesohor semacam google atau slashdot pun ikut merayakannya. Daftar aksi april Mop tahun ini bisa dilihat di situs wikipedia.

Bukannya ikut-ikutan, saya malah berpikir dari mana asalnya tradisi ini. Artikel dalam wikipedia bagi saya masih kurang jelas (karena ternyata ada banyak versi). Yang pasti tradisi ini datangnya dari budaya barat namun masih belum jelas asal-usulnya. Lalu untuk apa saya ikut-ikutan merayakan tradisi yang belum jelas ini. Alasan JFF (Just For Fun) tidak masuk kriteria saya. Dan sebenarnya yang paling tidak saya sukai dari april mop adalah orang berbohong untuk sekedar lucu-lucuan. (hmm.... mungkin banyak yang tidak setuju dengan saya).

Namun sejujurnya saya menikmati aksi april mop yang dilakukan sebagian teman-teman blogger apalagi dilakukan dengan kreatifitas tinggi. Aksi April Mop lewat media internet dan blog kebanyakan menarik dan menyegarkan. Namun akan sangat berbeda kalau "kena april mop" dalam aksi dunia nyata.
Untungnya selama ini tidak ada yang menjadikan saya sebagai korban april mop.

1 komentar:

ASUS ZenFone Smartphone mengatakan...

tradisi ini memang menjadi kontroversi haha.. ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik