ech's blog

thought and journey


Awan Gempa

AwanMinggu ini dalam kurun waktu kurang dari tiga hari berturut-turut telah terjadi gempa sebanyak dua kali di wilayah selatan Jawa. Saya pribadi tidak merasakan apa-pun. Saat gempa pertama terjadi saya sedang dalam perjalanan di mobil, sementara gempa kedua saya sedang berselancar internet di kantor, juga tidak merasakan apa-apa. Kekagetan saya adalah ketika membaca berita di detik bahwa 5 menit sebelumnya telah terjadi gempa.

Yang menarik perhatian adalah, dalam beberapa kali gempa yang terjadi di Indonesia, terdapat penampakan awan memanjang. Fenomena ini paling banyak disaksikan oleh masyarakat menjelang terjadi gempa di Yogya, juga banyak di bahas di milis-milis. Apakah ada hubungan antara gempa dengan munculnya awan gempa?

Dari berita di detik BMG membantah adanya hubungan antara awan dengan gempa. Namun ternyata ada peneliti bernama Zhonghao Shou yang menghubungkan antara penampakan awan dengan akan datangnya gempa bumi. Dalam situsnya zhonghou menjelaskan bahwa ia telah melakukan beberapa kali prediksi tentang akan adanya gempa bumi berdasarkan penampakan awan melalui citra satelit. Sebagian Besar ramalannya terbukti benar. Terjadinya awan menjelang terjadinya gempa dijelaskan secara ilmiah bahwa gerakan batuan di lapisan kerak bumi melepaskan panas yang cukup dapat menghasilkan "awan Gempa". bentuk awan ini cukup khas. Dalam situs tersebut di tampilkan beberapa foto awan gempa yang pernah tertangkap kamera.

Dengan penelitan yang lebih seksama, dimungkinkan dimasa depan bencana gempa bumi dapat diramalkan dengan akurat? semoga saja.

Update 26/07/2006
Ternyata Masalah awan gempa ini masih kontroversi. Silahkan baca diskusi menarik tentang masalah ini.

Label:

Matahari Mengelilingi Bumi

Saya sudah membaca bukunya. “Matahari mengelilingi bumi, sebuah kepastian Al-Qur’an dan as-Sunnah serta Bantahan terhadap teori bumi mengelilingi matahari” Pengarang: Ahmad Sabiq bin abdul lathif abu yusuf. Penerbit: pustaka al-furqon

Pertama kali dengar masalah ini dari posting di blog harry Sufehmi. Hari minggu kemarin ngobrol-ngobrol dengan seorang teman, ternyata doi punya bukunya. Buku ini saya pinjam dan langsung habis saya baca dalam waktu 3 jam.

Dari apa yang saya baca, menurut saya yang paling mengganggu bukanlah statemen bahwa "matahari mengelilingi Bumi" melainkan bagaimana mereka menafsirkan ayat Alqur'an untuk menjelaskan fenomena alam. Tampaknya kesimpulan ini juga bukan semata-mata hasil pemikiran si penulis, melainkan suatu pemahaman di lingkungan (aliran?) islam tertentu. Menurut saya agak sulit jika kita mendebat pendapat ini (kepada mereka) melalui bukti-bukti empiris, apalagi bukti yang di peroleh dari "ilmuwan kafir" :).

Semua ulama sepakat bahwa Alqur'an bukanlah Kitab Ilmu pengetahuan. Terlalu gegabah menafsirkan fenomena alam yang tertulis dalam Alqur'an secara literal, karena Bahasa Alqur'an menggunakan gaya bahasa sastra tingkat tinggi. menafsirkan alQur'an dibutuhkan keluasan ilmu dari penafsir dalam bidangnya, dan itupun belum tentu 100% benar karena tafsir alQur'an adalah hasil pemikiran manusia, BUKAN AlQur'an itu sendiri.

Ambillah contoh yang mudah. Ayat 14 Surat Ar-Rahman: "Dia menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar". Apa betul tubuh kita terbuat dari tanah kering? Kenyataannya manusia terbuat dari tulang, daging, darah, dll. Apakah dengan demikian AlQur'an Salah?

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat ayat-ayat bagi orang-orang yang berakal. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka (Ali Imran 190-191).

AlQur'an sendiri mengatakan bahwa fenomena alam, juga adalah ayat-ayat Allah (ulama menyebutnya sebagai Ayat Kauniyah). Inilah yang seharusnya dilakukan untuk memahami Alam semesta: mentafakuri fenomena alam yang terjadi disekitar kita. Ayat kauniyah "terbaca" (namun belum tentu di tafakuri) oleh semua umat, baik muslim dan non-muslim. Perbedaannya adalah apakah ayat-ayat ini akan semakin meningkatkan keimanan ataukah menambah kekufuran? Akankah kita mengingkari Ayat-ayat Kauniyah ini? yang artinya juga mengingkari AlQur'an terutama Ali imran ayat 190.

heliocentris vs Geocentris
Buku ini menuduh para pengikut aliran heliocentris sebagai pro-Kafir (Karena pencetus heliocentris Copernicus yang adalah orang kafir). Benarkah? Statemen ini dengan mudah dapat dibalik, karena aliran geocentris juga (sebelum islam) dicetuskan oleh "orang kafir" diantaranya Plato, Aristoteles dan yang paling masyhur Claudius Ptolomeus. Dari pada berdebat masalah ini coba kita buka lagi lembar sejarah. Buku ini memiliki banyak ketidak konsistenan. Penulis mencaci maki "ilmuwan kafir" seperti Aristotles dan Pythagoras, padahal se-ide dan sepaham dengan penulis. (tentang geocentris). hal ini menunjukkan ketidakpahaman penulis tentang sejarah.

Dari wikipedia, teori heliocentris pertamakali (diketahui) di gagas oleh Yajnavalkya dalam kitab Shatapatha Brahmana (abad 9 SM). Orang Yunani kuno yang mempunyai ide ini pertama kali adalah Aristarchus (abad 3 SM) dan abad pertengahan adalah Ilmuwan india bernama Aryabhata (476–550M),

Ilmuwan muslim pada awalnya mengikuti paham geocentris. Namun seiring dengan perkembangan ilmu astronomi (yang juga dibangun oleh banyak ilmuwan muslim pada masanya), mengalami banyak masalah dengan dengan teori ini. Akhirnya seorang ilmuwan muslim bernama ibnu al-Shatir (1304–1375M), dalam kitabnya yang berjudul Nihayat as-Sul fi Tashih al-Usul mengagas teori heliocentris. Perlu diketahui masa hidup Ibnu Shatir adalah sebelum Copernicus (1473-1543M). Penelitian ahli sejarah menemukan bahwa karya Copernicus mirip dengan yang diperoleh oleh Ibnu Shatir sehingga muncul dugaan bahwa pemikiran Copernicus adalah hasil mencontek dari Ibnu Shatir (nahh!!).

geocentris ataupun heliocentris, belum terdengar (setidaknya oleh saya) ilmuwan muslim pada saat itu saling menghujat apa lagi saling mengkafirkan satu sama lain.

Kesimpulan: Matahari Mengelilingi Bumi?
menurut saya pribadi, kesimpulan ini (matahari mengelilingi bumi) benar, dengan catatan bahwa Alqur'an menggunakan bumi sebagai acuam diam. tidak salah toh? Jika bumi sebagai acuan diam maka seluruh benda langit secara relatif bergerak mengelilingi Bumi. Namun kesimpulan sebaliknya juga tidak salah. Bukti empiris menunjukkan bahwa Bumilah yang mengelilingi matahari. Bukti empiris adalah Ayat kauniyah yang juga datangnya Dari Allah SWT dan keduanya (ayat AlQur'an dan ayat Kauniyah) tidak saling bertentangan karena dalam AlQur'an tidak tertulis secara explisit bahwa matahari mengelilingi bumi (atau sebaliknya).
Lalu mengapakah karena hal ini kita saling menghujat sesama muslim?

Label: , ,

Download Video dari YouTube

Situs ini sebenarnya sudah lama saya kenal, yaitu tempat ita bisa meng-upload video koleksi kita, sekaligus melihat-lihat video koleksi orang lain (yang sudah di upload). Namun selama ini saya tidak terlalu berminat. Dengan kondisi internet di indonesia yang lemot, melihat video secara streaming beresiko kena penyakit darah tinggi, Mendingan blogwalking ajah.

Namun hari ini saya iseng-iseng explore situs ini, Oh ternyata banyak hal yang menarik. Yang membuat saya jadi tertarik adalah saya bisa mendapatkan video-klip lagu-lagu yang selama ini saya penasaran seperti apa (sering dengar lagunya, tidak pernah lihat videonya) Maklum lagu kesukaan saya ga lolos tayang di MTV, heheh (lagian jarang nonton MTV pula). Selain itu banyak cuplikan video-video lain yang menarik. Hantu tertangkap kamera? Selebriti gokil? berita aneh? tinggal search saja.

Masalahnya adalah, secara default anda hanya bisa melihat video secara streaming dan tidak bisa disave. Jadi gimana? tenang... ada solusi untuk menyimpan video kesukaan anda. syarat pertama adalah gunakan browser firefox. kemudian ikuti langkah berikut:
1. download dan install extension greasemonkey
2. Restart firefox anda untuk mengaktifkan extension greasemonkey
3. Klik kanan file ini, kemudian pilih "Install User Script"
4. Persiapan selesai.

Sekarang setiap anda buka jendela video youtube akan muncul bar merah di bagian atas jendela browser anda berisi link "Save As" untuk mendowload video. Klik kanan link tersebut dengan pilihan "Save Link As," Rename nama file dan extension video yang hendak anda simpan dengan extension ".flv" . File flv bisa di mainkan dengan FLV Player
Silahkan download dan install di komputer anda.

Selain cara diatas ada cara yang lebih simple. Copy URL video yang anda masukkan di URL ini. Otomatis akan digenerate URL untuk mendownlod video tersebut. Klik kanan dan pilih "save Link As". Jangan lupa ganti extension file video menjadi .flv

Label:

Free CD Linux

Mau CD/DVD Linux Gratis? Mau dong... Selama ini cuma ubuntu linux yang membagi-bagi CD Installasi secara cuma-cuma. Distro lain hanya menyediakan file iso untuk di-download. Namun ada kabar gembira, sejak 13 Juli kemarin seorang bernama Ryan Cloke melalui situsnya menyediakan berbagai distro untuk diberikan secara cuma-cuma. Distro yang tersedia diantaranya Open SuSE, Fedora, Mandriva, Gento dan lain-lain.

Untuk sementara setiap orang hanya boleh request satu buah CD/DVD per-dua minggu. Usaha Ryan Cloke memang masih usaha rintisan. Mudah-mudahan mendapat dukungan penuh dari komunitas open source sehingga makin banyak orang yang bisa memperoleh CD/DVD Linux secara cuma-cuma.

Label: ,

Tips Membuat Resume (bag. 3)

Prinsip yang terakhir: Desain Tata letak dan Navigasi yang oke.

Daya kreativitas dan intelektual anda tercermin dari bagaimana resume anda disusun. Resume harus sudah terlihat menarik sejak pertama kali terlihat. Bagaimana caranya? sering-seringlah berexperimen dan coba-coba "intip" resume orang lain (terutama yang sukses diterima di perusahaan bonafid). Walaupun kreatif, jangan sampai kebablasan atau terlalu heboh, kecuali anda memang melamar kedalam tim kreatif suatu majalah atau perusahaan advertising.

Resume harus terlihat professional dan "intelek". Pokoknya, tunjukkan bahwa anda punya teknik dan metode yang lebih maju dibanding kebanyakan orang, walaupun untuk sekedar membuat resume.

Selain masalah tata letak, jangan lupa untuk memperhitungkan navigasi item-item yang ada dalam resume anda. Artinya, setiap kategori dikelompokkan dengan cermat sehingga dapat dibaca dan dipahami dengan mudah. Hindari kalimat yang terpotong oleh halaman. Susun setiap item terurut berdasarkan kronologi. Atur indentasi secara proporsional.

Terakhir, isi resume anda dengan jujur. Jangan mengada-ada karena akan mempersulit anda saat interview. sebagai perbandingan silahkan lihat resume saya yang telah saya buat dengan pertimbangan prinsip-prinsip diatas. Ditunggu komentar, kritik dan sarannya.

Sebelumnya:
Tips Membuat Resume (bag. 2)
Tips Membuat Resume (bag. 1)

Label:

Tips Membuat Resume (bag. 2)

prinsip kedua: Berikan Informasi yang "menjual" dengan mendetail.
Explorasi pengalaman dan potensi yang anda miliki. Apa saja yang layak dimasukkan ke dalam sebuah resume? Banyak orang yang memasukkan informasi yang sia-sia kedalam resume. Resume adalah sebuah "iklan" untuk menjual produk yaitu diri anda. Berdasarkan prinsip pertama, anda memiliki space terbatas dalam ruang iklan yang akan anda buat.

Buat resume yang spesifik
Jika anda seorang yang memiliki banyak talenta, tidak ada salahnya untuk membuat beberapa versi resume yang berkaitan dengan posisi pekerjaan yang diharapkan. Misalnya, resume untuk posisi "Accounting staff" berbeda dengan resume untuk posisi "IT Engineer"

Batasi Informasi Personal
Masukkan informasi nama anda, alamat, nomor telpon/ HP, email atau website jika ada. Cukup itu saja, jangan tulis informasi lain semisal umur, suku, agama, status perkawinan nama orang tua dan lain-lain. Mengapa? pertama, Boros huruf (ingat prinsip pertama) kedua, informasi seperti ini nanti juga di minta saat wawancara (don't worry). ketiga informasi seperti ini justru berpotensi merugikan. Misalnya, dari umur recruiter mungkin menganggap anda terlalu tua untuk posisi ini. Ketemu recruiter yang rasial juga bisa berabe. Relax, recruiter biasanya tidak akan mempersoalkan masalah ini. Jika lowongan yang dimaksud mensyaratkan (misalnya) umur atau lainnya, tulis saja di surat lamaran, tapi tidak usah di resume.

Pendidikan Formal
Jika anda berpendidikan tinggi (D3 keatas), sebaiknya masukkan hanya pendidikan terakhir anda. Riwayat pendidikan TK, SD sampai SMA tidak perlu ditulis karena kurang bermanfaat. Dalam menulis informasi pendidikan formal, hendaklah secara detail namun singkat. kalimat "S1 Fakultas Teknik Universitas Angin Puyuh" tidak cukup informatif. masukkan informasi semisal apa saja yang anda pelajari? mata kuliah spesial? Judul Skripsi/ tugas Akhir (dan deskripsinya)? kapan lulus (atau perkiraan lulus)? kalau perlu sebutkan nama dosen pembimbing anda dan temple logo universitas anda (kalau universitasnya cukup terkenal). Bagaimana dengan IPK? Sebaiknya IPK ditulis di dalam resume, tapi kalau IPK anda terlalu kecil, silahkan pertimbangkan kembali.

Pengalaman Kerja
Sebutkan detail pengalaman anda secara singkat. kalimat "satu tahun sebagai staff di PT. Angin Ribut" tidak cukup informatif. Jelaskan tentang tugas dan tanggung jawab anda, target, pencapaian, prestasi dan lain-lain.

Kursus dan sertifikasi
Akan sangat berguna jika anda memiliki sertifikat professional. Sebutkan nama sertifikat, Certificate ID, dan kapan diperolehnya sertifikat tersebut. Jika perlu, tempel logo sertifikat di resume anda (ukuran kecil saja). Untuk kursus, sebutkan kursus-kursus yang berhubungan dengan bidang pekerjaan yang anda lamar saja.

Kegiatan dan Aktivitas Sosial
Recruiter biasanya menginginkan calon karyawan yang mempunyai kehidupan sosial yang normal dan mempunyai kontribusi terhadap lingkungan. Ada baiknya anda menyebutkan (dan betulan punya) aktivitas sosial masyarakat dimana anda sering terlibat.

Hobby dan Prestasi
Hobby menggambarkan seperti apakah anda. Biasanya recruiter ingin mengetahui hobby dari para pelamar dan apa saja yang biasa dilakukan diwaktu luang. Jelaskan secara singkat hobby yang biasa ada lakukan yang bersifat positif semisal bermain bola (menggambarkan kemampuan kerja sama tim), mendaki gunung (menyukai tantangan) dan lain-lain. Sebutkan prestasi-prestasi dalam 3-5 tahun terakhir yang menunjang karir anda. Prestasi waktu anda masih SMP dan sebelumnya sebaiknya tidak usah dimasukkan.

Terakhir untuk prinsip kedua, tips-tips ini efektif jika anda melamar ke perusahaan swasta, namun (afaik) tidak berlaku jika anda melamar menjadi pegawai negri.

Selanjutnya:
Tips Membuat Resume (bag. 3)

Sebelumnya:
Tips Membuat Resume (bag. 1)

Label:

Tips Membuat Resume (bag. 1)

akhir-akhir ini saya membaca beberapa resume junior saya dan saya sedikit mengernyitkan dahi, karena ada orang yang saya anggap cukup qualified, tapi koq membaca resumenya malah terkesan biasa-biasa saja. Tampaknya yang bersangkutan tidak tahu cara membuat resume yang "menjual". Berikut ini saya mencoba berbagi ilmu bagaimana membuat resume yang baik.

Ada beberapa prinsip yang harus diketahui untuk membuat resume,

Prinsip pertama: Make it handy: Cukup selembar saja.
Ya. Sebuah resume bukan sebuah buku autobiografi. cukup selebar saja, maksimum 2 halaman bolak balik. banyak orang yang beranggapan resume yang berlembar-lembar akan semakin bagus. Justru sebaliknya. Jangan mengira resume yang berlembar-lembar membuat seorang recruiter terpesona. Seorang recruiter biasanya mengevaluasi puluhan, ratusan atau bahkan mungkin ribuan resume dalam waktu yang terbatas (bayangkan kalau anda yang jadi recruiter). Resume dengan banyak halaman beresiko tercecer (terpisah-pisah) dan mungkin karena bikin ribet, recruiter jadi malas untuk menyimpannya. Jadi Apa yang harus dilakukan? Buat seringkas mungkin.

tips:
Akan lebih baik Kalau anda sedikit modal. Cetak resume anda diatas kertas konqueror (yang biasa digunakan untuk kartu nama) dengan menggunakan printer berwarna. Jika resume anda terlihat eksklusif dan "mahalan", setidaknya recruiter berminat untuk membaca sampai habis sebelum memutuskan qualified atau tidak.

Jika anda ingin membuat resume dalam bentuk soft copy, gunakan format yang relatif aman dan pastikan ukuran file relatif kecil (saya anjurkan menggunakan format .pdf dengan ukuran file kurang dari 100kb).

Selanjutnya
Tips Membuat Resume (bag. 2)
Tips Membuat Resume (bag. 3)

Label:

Dimana Voyager Sekarang?

Yoyager"
Satelit Voyager (Voyager 1 & Voyager 2) adalah benda buatan manusia terjauh yang pernah ada. Saat ini berada pada jarak sekitar 100 kali jarak bumi-matahari dan bergerak dengan kecepatan hampri 1.500.000 km per hari. Sistem tenaga dalam satelit diharapkan masih mampu memberi "nyawa" hingga tahun 2020 yang pada saat itu satelit-satelit ini mungkin sudah mencapai jarak sekitar 13 milyar kilometer dari bumi.

sumber:
NASA

Label: ,


Search

About me

  • /me orang biasa saja. Berkeluarga dengan satu istri dan dua orang anak. Saat ini bekerja di salah satu perusahaan konsultan IT. Mempunyai minat di bidang IT, astronomy dan Fisika. Hobby baca and ngoprek komputer.
  • My profile


Topik

Archives